Selasa, 15 Juli 2014

Strategi Media Online " Media Online UHAMKA 2014"

LATAR BELAKANG MASALAH
  UHAMKA adalah salah satu universitas yang sudah lama berdiri di Indonesia, UHAMKA selama 56 tahun telah berkontribusi mencerdaskan kehidupan bangsa. Kini ditengah persiangan antara berbagai macam universitas pemanfaatkan media teknologi komunikasi sangatlah dibutuhkan. agar UHAMKA dapat bersaing dengan Universitas lain pada era globalisasi. Tetapi pada kenyataannya pengoptimalan fungsi Website, Facebook dan Twitter UHAMKA tidak difungsikan dengan baik sehingga menimbulkan masalah baru di UHAMKA


TUJUAN PEMANFAATAN MEDIA ONLINE
  • Menjadikan UHAMKA lebih dikenal luas olehmasyarakat.
  • Sebagai sarana komunikasi dengan masyarakat.
  • Meningkatkan jumlah peserta didik UHAMKA


STARTEGI

• Perbaikan website UHAMKA agar lebih menarik
• Mengoptimalkan Facebook Fan Page, dengan membuat advertising banner di facebook
• Mengoptimalkan fungsi twitter UHAMKA
       Membuat akun resmi UHAMKA di Youtube



IMPLEMENTASI STRATEGI

WEBSITE :
      Memperbanyak informasi positif dan membangun untuk kepentingan internal maupun eksternal.
      Melakukan promosi agar banyak yang mengunjungi website UHAMKA
      Memperbaharui informasi seminggu dua kali.
      Membuat kolom tanya-jawab.
      Membuat kolom FAQ

FACEBOOK :
      Membuat word of mouth dalam setiap postingan di Fanpage UHAMKA
      Melakukan Advertising di facebook (Banner – banner)

TWITTER :
      Dengan memanfaatkan mading dan melakukanmention ke mahasiswa, akun fakultas, serta semua UKM agar memfollow dan mempromo website uhamka
      Mengadakan kuis dengan hadiah menarik
      Materi yang akan di Twit:
– Info mengenai UHAMKA.
– Kutipan-kutipan  ayat suci Al-Qur’an.
– Kata-kata mutiara ataupun motivasi.
– Info – info edukatif
– Info beasiswa dan event baik nasional  maupun internasional.
      Ketentuan nge-twit:
– Pagi (07.00-10.00): 5x twit.
– Siang (10.00-15.00): 5x twit.
– Sore (15.00-18.00): 10x twit.
– Malam (18.00-22.00): 25x twit.
– Larut Malam (22.00-00.00): 5x twit

YOUTUBE
      Membuat akun resmi UHAMKA di youtube
      Akun tersebut akan berisikan tentang video – video tentang uhamka (Prestasi, event dan lain – lain)


JADWAL PELAKSANAAN
Selama 6 bulan terhitung dari awal pelaksanaan Januari sampai akhir pelaksanaan Juni


BIAYA

      Website:
Biaya yang dikeluarkan hanya untuk administrator, sewa web dan membayar web designer.
• Facebook:
Membayar advert banner di facebook
• Twitter:
Biaya untuk administrator dan kuis.
     Youtube:
Biaya pembuatan video oleh video maker, untuk mengirit biaya bisa mempekerjakan mahasiwa atau UKM (KIFU)


EVALUASI

Website:
Evaluasi dilakukan perbulan, dengan target
uhamka.ac.id dikunjungi oleh 10.000 netizen
perbulannya.
Facebook:
Evaluasi dilakukan perminggu, dengan target fan
page UHAMKA mendapat 200 like di tiap
minggunya.
Twitter:
Evaluasi dilakukan perminggu, dengan target
mendapat tambahan followers dan banyak jumlah retweet
minggunya.
Youtube:
Evaluasi dilakukan dengan melihat jumlah view, komentar dan like

Tidak ada komentar:

Posting Komentar