PENGARUH E-BANKING
TERHADAP KEPENTINGAN EKOMONI MASYARAKAT
Oleh: FIKRI HILMAN
ABSTRAK
Dari tahun
ketahun masyarakat kita banyak yang menggunakan e-banking sebagai sarana transaksi, kemudahan, kenyamanan dan
keamanan membuat masyarakat terpengaruhi akan penggunaan e-banking tersebut. Mereka mempercayai perekonomian mereka kepada e-banking, semakin lama masyarakat kita
semakin pintar akan sebuah teknologi yang memudahkan masyarakat. Berbagai
bentuk iklan yang ditawarkan kepada masyarakat menjadi satu nilai
terpengaruhnya masyarakat akan e-banking,
koran, majalah, reklame, berita TV, radio dan media lainnya menjadi sarana
penyampain iklan e-banking untuk
mempengaruhi masyarakat akan kepercayaannya kepada e-banking. Oleh karena itu tak heran bila banyak bank yang
menawarkan agar masyarakat mempercayai ekonomi mereka kepada e-banking, yang berorientasi dalam
ajaran Islam melalui model e-banking. Tujuannya adalah untuk membantu dan
mempermudah jalannya transaksi sehari-hari dalam berbagai kebutuhan hidup
terutama pada bidang ekonominya. Tanpa perlu bersusah-susah mendatangi bank
atau ATM kita bisa lakukan transaksi dengan mudah kapan saja, di mana saja.
KATA KUNCI : E-banking, Ekonomi,
dan Masyarakat
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Masalah
Negara Indonesia adalah
salah satu negara yang sudah merdeka sejak tahun 1945. Negara Indonesia
merupakan negara yang cukup maju dengan pertumbuhan warganya yang pesat. Salah
satu tujuan dalam pembentukan e-banking di negara Indonesia yaitu memajukan
kesejahteraan umum pada masyarakatnya. Dalam amanat tersebut sudah dijabarkan
dalam pasal 33 Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 dan merupakan
amanat konstitusi yang mendasari pembentukan peraturan perundang-undangan di bidang
perekonomian.
Konstitusi mengamanatkan
agar pembangunan ekonomi nasional harus didasari pada prinsip demokrasi yang
mampu menciptakan terwujudnya kedaulatan ekonomi di Indonesia. Keterkaitan
ekonomi dengan pelaku ekonomi kerakyatan dimantapkan lagi dengan ketetapan Majelis
Permusyawaratan Perwakilan Rakyat Republic Indonesia nomor XVI/MPR/1998 tentang
politik ekonomi dalam rakyat demokrasi ekonomi sebagai hukum material.
Dalam usaha untuk
mencapai tujuan negara harus memainkan peranan yang penting dalam menyususn
laju perekonomian nasional. Sistem pekonomian di Indonesia harus di lakasanakan
berdasarkan usaha bersama dengan orientasi kekeluargaan di mana cabang produksi
vital dikuasai oleh negara dalam rangka kepentingan rakyat.
Kebutuhan akan ekonomi
sangatlah berguna bagi masyarakat kita, ekonomi adalah kunci kebertahanan hidup
bagi setiap individu di seluruh dunia, tanpa ekonomi atau penghasilan sangatlah
minim kehidupan yang akan dijalankan. Kebutuhan masyarakat akan kemudahan dalam
keamanan penyimpanan atau pengiriman hasil penghasilan menjadikan pemerintah
mempermudahkan akses ekonomi para masyarakat dengan menjadikan e-banking sebagai pilihan kemudahan
akses uantuk ekonomi masyarakat.
Kebutuhan akan kenyaman
dan keamanan banyak masyarakat yang mempercai perekonomian mereka kepihak bank,
sebagai keamana mereka juga mebutuhkan kenyamana dan kemudahan. E-banking sebagai sarana bantuan atas
perekonomian masyarakat di mana masyarakat sekarang lebih mempercayai e-banking untuk mentransfer apa saja
yang mereka butuhkan sperti membayar listrik, tagihan-tagihan, berbelanja dll. Model
tersebut sangat mudah tanpa perlu datang ke bank dan sekarang lebih dimudahkan
lagi dengan menggunakan sms transferan akan cepat sampai tujuan.
B. Permasalahan
Berangkat
dari kajian di atas, masalah yang perlu dijawab adalah
1.
Bagaimana pengaruh e-banking
terhadap ekonomi masyarakat dan apa yang membuat masyarakat dipengaruhi e-banking ?
2.
Apa saja hambatan yang mungkin terjadi dalam
menggunakan e-banking ?
C. Tujuan
Tujuan
dari penulisan ini adalah agar tulisan penulis dapat bermanfaat bagi pembaca
untuk menambahkan informasi yang ada, bisa menjadi informasi yang membantu dan
berguna bagi masyarakat banyak dan
sarana informasi yang dapat dipelajari.
D. Metode
Penelitian ini menggunakan
penelitian kualitatif, penelitian kualitatif adalah penelitian yang menggunakan
atau mendeskripsikan suatu masalah yang hasilnya dapat digeneralisasikan. Sementara
itu metode yang digunakan adalah metode penelitian analisi isi. Teknik analisi
isi data penelitian ini adalah dengan menggunakan analisi isi kualitatif.
Dalam penelitian ini analisi data
yang digunakan adalah analisis frekuensi yaitu meringkas analisi yang berkaitan
dengan jumlah kejadian dan untuk memahami kontek komunikiasi menggunakan
analisis konteks untuk mengetahui konteks ekonomi dan sosial.
PEMBAHASAN DAN ANALISIS
Dalam
penulisan tersebut dengan judul tulisan yaitu pengaruh e-banking terhadap kepentingan ekonomi masyarakat kota. Di sini
penulis bermaksud untuk mengetahui masyarakat yang sudah terpengaruh akan
fungsi dan kegunaan e-banking yang banyak
membantu ekonomi masyarakat sampai pada saat ini.
Dalam penelitian disini penulis
melakukan wawancara denga petugas bank yang memberikan informasi akan e-banking. E-banking salah satu program
yang diberikan oleh bank untuk memudahkan masyarakat akan kinerja, kecanggihan,
kenyamanan dan kemudahan yang akan masyarakat rasakan.
Penulis juga mewawancarai masyarakat
yang menggunakan e-banking sebagian dari mereka merasakan e-banking sangat membantu mereka dalam situasi dan dalam kondisi
apapun e-banking sangat membantu
mereka dalam perekonomiannya. Tak heran kita banyak masyarakat yang dipengaruhi
akan kinerja dari e-banking. Karena
masyarakat mencari kemudahan, kenyaman dan kecanggihan, buat apa susah-susah bila
ada yang memudahkan.
Hal yang menarik adalah bila mana
hasil tulisan penulis sangat bermanfaat bagi masyarakat banyak, bagi mepbaca
tulisan ini, bagi para pengguna e-banking
khususnya akan informasi yang sudah diberikan. Penulis hanya berharap tulisan
ini dapat berguna dan bermanfaat.
Dalam
penulisan ini penulis ingin membahasa mengenai Pengaruh E-banking Terhadap Kepentingan
Ekonomi Masyarakat. Dalam permulaan penulis akan menjelaskan apa itu E-banking,
e-banking adalah salah satu program yang ditawarkan oleh sebuah bank untuk
membantu memudahkan para nasabah bank atas penggunaannya. E-banking mempermudah
bagi seluruh nasabah yang memerlukan dan menghemat ats waktu. E-banking berdiri
untuk membantu para masyarakat dengan kemudahan-kemudahan yang ditawarkan
seperti salah satunya adalah nasabah bisa menggunakan e-banking untuk
mentransfer segala sesuatu yang mau dibayarkan, tanpa perlu mendatangi bank
atau mencari ATM.
Ekonomi adalah kata
"ekonomi" sendiri berasal dari kata Yunani οἶκος (oikos) yang
berarti "keluarga, rumah tangga" dan νόμος (nomos), atau
"peraturan, aturan, dan
secara garis besar diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau
"manajemen rumah tangga." Ekonomi sendiri sangatlah penting bagi
masyarakat untuk mempelajarinya karena berharap dapat mengeruk uang lebih
banyak lagi melalui pengetahuannya tentang ekonomi, karena ilmu ekonomi
merupakan titik pusat dari segala ilmu sosial, dan banyak lagi alasan lainnya
yang tentunya bisa berbeda tiap orang.
Alasan pertama mempelajari ilmu ekonomi
adalah bahwa ilmu ekonomi akan membantu Anda memahami dunia nyata. Ada
beberapa pertanyaan mengenai permasalahan ekonomi yang mungkin akan
membangkitkan rasa keingintahuan Anda. Mengapa harga perumahan di Setra Duta
begitu mahal? Mengapa standar hidup manusia begitu rendah di negara-negara berkembang
terutama di Indonesia?. Ilmu ekonomi
adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan
kemakmuran.
Masyarakat sekumpulan orang-orang
yang hidup disatu wilayah. Masyarakat mebutuhkan berbagai kebutuhan untuk
melanjutkan kehidupannya. Masyarakat mebutuhkan kebutuhan akan pendidikan,
kesehatan, kebutuhan formal informal dan lainnya. Masyarakat juga membutuhkan
kemudahan atas perekonomian mereka kelak nanti, agar persiapan mereka dimasa
depan sudah bisa ditargetkan. Karena masyarakat adalah manusia adalah homo
economicus dalam pengertian definisi sains. Di diri setiap manusia terdapat
struktur logika yang memungkinkan penggunaannya untuk memahami dan memaknai
hasil-hasil usaha tindakan manusia.
Perkembangan ekonomi masyarakat juga
semakin mendesak, semakin mebutuhkan banyak biaya, karena semakin banyaknya
keperluan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Perkembangan ekonomi masyarakat
semakin meningkat pastinya setiap tahun, perkembangan akan pendidikan, kesehat,
dan lain sebagainya. Dengan perkembangan ini berkembang pula ide masyarakat
untuk mendapatkan akses kemudahan akan hasil ekonominya dan pali utama adalah
kenyaman dan kemudahan.
Dimana sudah diketahui diatas bahwa
e-banking terhadap ekonomi masyarakat sudah banyak mempengaruhi masyarakat atas
kecanggihan, kemudahan dan kenyamaan yang diberikan e-banking. Dimana
masyarakat tapi perlu lagi capek-capek untuk melalakukan transaksi ke bank atau
ke ATM. Kemajuan e-banking sekarang sudah sangat memudahkan bagi masyarakat tak
heran bila banyak masyarakat yang semakin tahun semakin berkembang banyak
peminatnya.
Hal yang membuat masyarakat
dipengaruhi oleh e-banking adalah kemudahan untuk mengaksesnya seperti,
transfer, pengecekan saldo, pembayaran listrik, informasi terbaru dari e-banking,
dan lain-lain. Dengan mudah masyarakat dapat mengaksesnya secara cepat tanpa
jauh-jauh mendatangi banknya langsung atau pergi mencari ATM.
Dengan mentransfer uang kesatu
tujuan masyarakat bisa melakukannya dengan menggunakan SMS. Mudah cepat dan praktis
uang yang ditransfer pun langsung sampai pada tujuannya. Pengecekan saldo juga
dapat dilakukan dengan informasi yang dilakukan langsung dari pengiriman pesan
pendek lewat handphone atau SMS, bukan hanya itu dengan e-banking kita juga
bisa membayar ltagihan listrik dengan menggunakan SMS juga.
Masyarakat mencari kemudahan bukan
mencari kesulitan, masyarakat juga mengutamakan, kemudahan, kenyamanan dan
keamanan. Maka dengan begitu banyak masyarakat yang terpengaruhi akan kemudahan
yang diberikan e-banking. E-banking mepengaruhi masyarakat dengan
kemudahan-kemudahan yang mereka tawarkan, e-banking mempengaruhi masyarakat
dari iklan-iklan yang mereka sampaikan untuk masyarakat luas.
Semakin berkembangnya teknologi
semakin besar juga dan berkembangnya fasilitas yang diberikan. Semakin
meningkat peminat masyarakat akan e-banking setiap tahunnya. E-banking mencari
kepercayaan dan kepuasan akan apa yang mereka berikan kepada masyarakat luas
dengan begitu mereka percaya bahwa banyak masyarakat yang sudah terpengaruhi
dan percaya akan kerja mereka.
Dalam hal ini ada pula berbagai
hambatan yang mungkihm terjadi, bilamana e-banking dalam permasalahannya adalah
kangguan dalam system e-banking dalam masalah itu hambatan yang sangat
merugikan karena system kerja terhenti hanyak bisa melalui bank, ATM rusak, sistem
kerja melalui sms rusak, profaider yang digunakan nasabah dalam masalah
jaringan, system kerja e-mail rusak. Mau tak mau masyarkat meminta penjelasan
dari pihak bank secara langsung atau menunggu perbaikan proses gangguan sinyal
dalam profaider.
Hambatan yang mungkin terjadi adalah
ketika ATM tak berfungsi untuk melakukan tarik tunai, ini dikarenakan ganggu
pada layanan e-banking. Masyarakat pun dipersulit untuk mencari ATM lainnya.
Biasanya gangguan ini tak berlangsung lama, kecepatan penanganan pekerja
e-banking akan segera memperbaikinya, dan semua akan kembali seperti awal
kemudahan akan masyarakat rasakan kembali, karena dari pihak bank pun tak mau
terlalu menyusakan masyarakat karena ini bisa berdampak ketidak percayaan
masyarakat akan bank tersebut dan mungkin saja bisa menjadi kebangkrutan atau
kerugian besar untuk bank tersebut.
Terkadang hambatan juga terjadi dari
profeider yag digunakan pada saat mau melakukan e-banking, kurangnya sinyal
bagus dari kartu yang digunakan akan menjadikan salah satu hambatan bagi
e-banking. Karena tak bias melakukan proses transaksi secara cepat sinyal yang
tak bagus sangat mengurangi dan mengggangu bagi pengguna e-banking yang butuh
akan proses e-banking secara cepat. Desakan transaksi yang dikejar waktu
menjadi terhambat akan gangguan dari sinyal yang kurang bagus.
Masyarakat yang menjadi sasaran akan
e-banking biasanya terpengaruhi akan kemudahan-kemudahan yang ditawarkan ada
didalam iklan e-banking. Setiap tahunnya e-banking mampu mempengaruhi
masyarakat dengan pesat, setiap tahun pula pengguna e-banking selalu bertambah,
setiap tahun pula e-banking selalu menambah kemudah-kemudahan yang diberikan
bagi nasabahnya dan setiap tahun pula banyak masyarakat yang terpengaruhi dan
menjadi nasabah e-banking tersebut.
Kebanyakan masyarakat yang
menggunakan e-banking adalah masyarakat yang m,empunyai usaha seperti shoping
online mereka mencari kemudahan untuk para pelanggannya agar pelangganya
merasakan kenyaman, proses cepat tak membuang waktu dan yang utama adalah
kepecayaan. Pelanggan shoping online yang menbeli barang dengan mudah
mentrnsfer uang ke bank tanpa perlu bersusah-susah mendatangi banknya atau
mencari ATM terdekat.
Para ibu rumah tangga juga
dimudahkan dengan membayar tagihan listrik menggunakan transfer uang kebank
yang digunakan para pekerja PLN, tanpa perlu mendatangi pembayaran PLN, bank
atau ATM mereka dengan muda dapat menyelesaikan itu semua dirumah atau dijalan
sekaligus. Begitu pula dengan pengecekan saldo mereka dengan otomatis mendapat
informasi akan sisa saldo mereka dibank, tanpa perlu mendatangi ATM dan
mengecek saldo, kiriman info akan saldo mereka otomatis terkirim langsung lewat
hanphone dan kemudahan yang lainnya juga dapat anda rasakan.
Bagi sebagian masyarakat e-banking
sangat berguna sekali bagi mereka, menggunakan e-banking sangat berguna dan
memudahkan tanpa perlu mepersulitkan. Masyarakat merasa aman, nyaman atas apa
yang e-banking berikan dan perasaan puas akan penggunaanya. Apalagi kecanggihan
e-banking yang semakin tahun semakin berkembang tak tertiunggal jaman dan tak
tertinggalkan oleh para penggunaanya.
Malah sebagian masyarakat remaja
mengatakan menggunakan e-banking sama satu akses mengikuti trend jaman
sekarang, anak-anak sekolah dasar saja jaman sekang sudah diajarkan bagaimana
caranya menggunakan e-banking oleh orang tua mereka. Apalagi para remaja yang
sangat terpengaruh terhadap belanja shoping online mereka merasa sangat
terpengaruhi dan sangat bergantung akan e-banking yang bias membantu
mepermudahkan transaksi pembayaran akan shoping mereka.
Mereka mersa direpotkan bila tak
menggunakan e-banking, mempbayaran harus datang kebank atau mencari ATM,
hambatan akan dating kalau ATM yang mereka cari bermasalah mau tak mau mereka
harus mendatangi bank dan mengantri untuk pembayaran sangat membuang waktu
sekali. Tapi dengan adanya e-bvanking itu semua dapat teratasi dengan mudah dan
cepat tanpa banyak membuang waktu mereka.
E-banking juga sangat dibutuhkan
bagi pengguna seperti pengusaha-pengusaha yang tidak banyak memiliki waktu
banyak untuk dating kebank membayar tagihan-tagihan, mentransfer uang untuk
klien-klien mereka, dll. Apalagi bila mereka yang suka berpergian keluar kota
secara dadakan dengan melupaan membayar tagihan itu semua, dan apabila itu
harus dibayar dengan tepat waktu secar cepat. Maka e-banking menggunakan HPlah
yang mereka cari agar memudahkan mereka mebayar tagihan secara tetap waktu.
Berada dalam perjalan sekaligus mereka bias menyelesaikan masalah tersebut
dengan cepat, praktis dan tetap waktu.
PENUTUP
Kesimpulan
Dari
dua masalah diatas disimpulkan bahwa
1.
Apa yang membuat masyarakat dipengaruhi e-banking ?
Masyarakat yang
menjadi sasaran akan e-banking biasanya terpengaruhi akan kemudahan-kemudahan
yang ditawarkan ada didalam iklan e-banking. Setiap tahunnya e-banking mampu
mempengaruhi masyarakat dengan pesat, setiap tahun pula pengguna e-banking
selalu bertambah, setiap tahun pula e-banking selalu menambah kemudah-kemudahan
yang diberikan bagi nasabahnya dan setiap tahun pula banyak masyarakat yang
terpengaruhi dan menjadi nasabah e-banking tersebut.
2.
Apa saja hambatan yang mungkin terjadi dalam
menggunakan e-banking ?
Dalam hal ini ada pula
berbagai hambatan yang mungkihm terjadi, bilamana e-banking dalam
permasalahannya adalah kangguan dalam system e-banking dalam masalah itu
hambatan yang sangat merugikan karena system kerja terhenti hanyak bisa melalui
bank, ATM rusak, sistem kerja melalui sms rusak, profaider yang digunakan
nasabah dalam masalah jaringan, system kerja e-mail rusak. Mau tak mau
masyarkat meminta penjelasan dari pihak bank secara langsung atau menunggu
perbaikan proses gangguan sinyal dalam profaider.
DAFTAR PUSTAKA
MORGAN, THEODORE. 1951. Economics, 3 – d. printing, Prentice Hall Incorporation, New York
SUITS, DANIEL. 1978. Economics, 7-th edition, Richard D. Irwin.
Rietveldt, J.C. 1957. Ilmu Ekonomi Perusahaan. Jakarta:
Penerbit Ichtiar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar