Senin, 14 Juli 2014

Program Perencanaan Kerja Humas (Popok Bayi Merk X)

Latar Belakang
Perencanaan kerja humas adalah salah satu aspek penting dalam proses perencanaan kerja humas sebuah lembaga atau perusahaan, karena didalam perencanaan kerja humas akan diketahui bagaimana cara – cara atau langkah – langkah suatu lembaga atau perusahaan untuk mencapai tujuan melalui program – program yang dibuat oleh bagian kehumasan pada lembaga atau perusahaan tersebut.
          Pada proposal ini saya akan membahas mengenai perencanaan kerja humas yang dilakukan oleh PT. X dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan tersebut. PT. X merupakan perusahaan terdepan yang bergerak dalam penyediaan popok bayi di Indonesia. Produk X sudah sangat terkenal oleh masyarakat Indonesia terbukti dengan brandingnya yang selalu digunakan masyarakat Indonesia untuk membeli popok bayi, walaupun merek popok yang mereka beli bukan produk X, tapi masyarakat Indonesia lebih suka menyebutnya X.
          Analysis situasi pada proposal pampers ini, PT. X ingin lebih menunjukan produknya sebagai leading market untuk perlengkapan popok bayi di Indonesia dan launching produk baru dengan mengadakan sebuah acara yang memecahan Rekor Muri Indonesia yang bertajuk “Indonesia Memakai X” yang diikuti oleh 500.000 bayi di Indonesia.

Tujuan Perusahaan
PT. X berkomitmen terhadap kesehatan bayi dan kenyamanan untuk bayi di seluruh dunia dengan menyediakan pembangunan sumber daya yang baik dan kebutuhan orang tua untuk perawatan bayi sehat dan bahagia.

Analisa SWOT
      Strength : X telah memiliki branding di masyarakat Indonesia dan telah memimpin pasar perlengkapan bayi (popok) di Indonesia selama lebih dari 40 tahun
      Weakness : X hanya bergerak dalam satu bidang yakni menyediakan popok bayi, sehingga tidak memiliki banyak inovasi
      Opportunity : produk X yang telah memiliki branding di massyarakat Indonesia bisa membuat produk baru baik itu inovasi pada produk popok atau bisa membuat produk – produk bayi yang lain
      Threatness : Kini telah banyak produk pesaing yang bergerak dalam bidang penyediaan popok bayi

Tema Kegiatan
Indonesia Memakai X

    PT. X ingin lebih menunjukan produknya sebagai leading market untuk perlengkapan popok bayi di Indonesia dan juga melakukan launching produk dengan mengadakan sebuah acara yang memecahan Rekor Muri Indonesia yang diikuti oleh 500.000 bayi di Indonesia dan banyak acara menarik

Tujuan Kegiatan :
Program ini untuk mengkampanyekan kepada masyarakat tentang penggunaan produk X yang baik dan berkualitas, lalu sebagai ajang launching produk baru dan menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat Indonesia

Waktu Kegiatan :
Tempat : Parkir Timur Senayan (Area SUGBK)
Waktu : 28 Agustus 2014, dari jam 08.00 sampai dengan selesai

Khalayak :
Target audiens :  Orang  tua yang memiliki anak balita

Aspek Demografi :
Jenis Kelamin              : Laki-laki dan Perempuan
Usia                              : ≤ 28 tahun
Pendidikan                  : bebas

Aspek Geografi:
Orang tua yang memiliki balita yang berada di jabodetabek

Aspek Psikografi:
Orang tua yang peduli akan kebersihan anaknya dan orang tua yang suka memakai popok bayi

Media :
Penggunaan dan pemilihan media yang digunakan untuk program ini adalah menggunakan media cetak ( Koran dan Majalah), Media Elektronik (Tv dan Radio), Media Interaktif (Facebook, Twitter, Website), Billboard, Spanduk dan Banner.

Strategi dan Taktik :
Strategi : Mengadakan Special Event ( Break Record, Konsultasi Dokter, Hiburan dan Lomba )

Taktik :   -   Pemecahan rekor muri menggunakan Popok bayi secara bersamaan oleh 500.000 balita di Indonesia
-         Launching Produk terbaru pampers
-         Hiburan dari artist (CJR dan artist anak lain)
-         Konsultasi dengan Dokter anak secara gratis
-         Mengadakan lomba dengan hadiah yang menarik (sepedah, uang tunai, komputer, laptop dan beasiswa)

Alokasi Sumber Daya Manusia
No.
Kegiatan
Waktu
Penanggung Jawab
1.
Opening Acara (Pidato Sambutan dan lain-lain)
08.00 – 08.30
Hendrawan Aji dan MC
2.
Break Record
08.30 – 09.30
M. Sulistyo
3.
Launching Produk
09.30 – 10.30
Bunga Sekar
4.
Hiburan Artist
10.30 – 11.30
Fellipo Cesare
5.
Konsultasi Dokter
11.30 – 14.00
Adipati Gumawan
6.
Lomba
14.00 – 16.00
Mukhlis Hadi
7.
Closing Acara
16.00 – 16.30
Hendrawan Aji dan MC

Anggaran :
a. Labor (Pekerja) : 80 juta
b. Material : - Panggung Acara (40 Juta)
- Soundsystem (30 Juta)
- Popok Pampers (10 Juta)
- Booth (15 Juta)
c. Expense (Pengeluaran) : - Catering (15 juta)
-         Sewa Parkir Timur Senayan (10 juta)
-         Jasa Dokter (30 Juta)
-         Artist (50 Juta)
-         Hadiah Lomba (100 Juta)
-         Biaya tak terduga (10 Juta)
-         Iklan (media cetak, media eletronik) (80 Juta)
                         Total : 470 Juta

Analisa SWOT :
      Strength : Program akan semakin membuat X menjadi market leader di bidangnya dan membuat pampers dapat menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat Indonesia.
      Weakness : Program ini membutuhkan dana yang tidak sedikit
      Opportunity : Program ini juga bisa dijadikan ajang promosi dan kampanye kepada masyarakat tentang penggunaan produk X dan sebagai ajang launching produk baru
      Threatness : Cuaca Jakarta yang sedang tidak menentu dapat mengganggu acara

Analisa SMART :
Specific :Program ini ajang kampanye kepada masyarakat tentang penggunaan produk X yang baik dan berkualitas dan sebagai ajang launching produk baru

Measurable : Terdapat 500.000 bayi di Indonesia yang akan dilaksanakan di parkir timur senayan 28 Agustus 2014

Achivable : Masyarakat dapat mengetahui pentingnya penggunaan popok bayi dan memilih produk yang berkualitas, produk baru dari pampers dapat dikenal dengan cepat oleh publik

Relevant : Program ini berguna untuk lebih mengambil hati masyarakat. Dengan segala fasilitas dan hadiah yang akan diperoleh animo masyarakat akan tinggi

Time bond: 3 bulan disiapkan untuk ide, iklan dan perancangan, sebulan sebelum acara akan dicek segala persiapannya, 2 bulan setelah acara akan diadakan riset mengenai pencapaian penjualan produk baru dan minat masyarakat pada produk baru itu.

Evaluasi

      Input :

-         Membuat Press Release dan Undangan kepada teman – teman pers dan jurnalis (100 media)

-         Mengundang MURI untuk pemecahan rekor tersebut

-         Memesan tempat, panggung, soundsystem dan lain-lain (Melobying dan Menegosiasikan Harga)

-         Promosi Acara melalui media cetak, media elektoronik, media interaktif, billboard, spanduk dan banner untuk memenuhi target kunjungan acara yakni 5 juta pengunjung

-         Launching produk baru dan memberikan sample produk  ke penggunjung.

      Output :

-         Press release diberikan ke teman – teman pers dan jurnalis dan mereka yang hadir ke acara sebanyak 95 Media

-         MURI merespon dengan baik permintaan dari pampers dan akan hadir di acara pemecahan rekor tersebut

-         Panitia berhasil mendapatkan kesepakatan dengan stakeholder lainnya dengan kemuudahan dan potongan harga.

-         Banyak masyarakat yang mengetahui akan didadakan acara tersebut sehingga diperkirakan target pengunjung akan tercapai

-         Masyarakaat penasaran dan tertarik untuk mencoba produk baru X

      Outcome :

-         Sebanyak 100 artikel dan tayangan mengenai acara ini tampil di media – media tersebut

-         Muri merasa senang bisa hadir di acara ini dan rekor baru pun terukir di acara ini

-         Semua perlengkapan dan peralatan acara berjalan dengan baik dan akhir acara ini PT. X dapat menjalin hubungan baik dengan stakeholder lain.

-         Target pengunjung sebanyak 5 juta orang terlampaui, karena yang hadir pada acara itu sebanyak 5,700 juta pengunjung

-         Masyarakat merasa puas dan suka dengan produk baru dan dapat dilihat dari peningkatan penjualan produk tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar