Latar
Belakang
Perencanaan kerja humas adalah salah satu aspek
penting dalam proses perencanaan kerja humas sebuah lembaga atau perusahaan,
karena didalam perencanaan kerja humas akan diketahui bagaimana cara – cara
atau langkah – langkah suatu lembaga atau perusahaan untuk mencapai tujuan
melalui program – program yang dibuat oleh bagian kehumasan pada lembaga atau
perusahaan tersebut.
Pada
proposal ini saya akan membahas mengenai perencanaan kerja humas yang dilakukan
oleh PT. X dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan tersebut.
PT. X merupakan perusahaan terdepan yang bergerak dalam penyediaan popok bayi
di Indonesia. Produk X sudah sangat terkenal oleh masyarakat Indonesia terbukti
dengan brandingnya yang selalu digunakan masyarakat Indonesia untuk membeli
popok bayi, walaupun merek popok yang mereka beli bukan produk X, tapi
masyarakat Indonesia lebih suka menyebutnya X.
Analysis
situasi pada proposal pampers ini, PT. X ingin lebih menunjukan produknya
sebagai leading market untuk perlengkapan popok bayi di Indonesia dan launching
produk baru dengan mengadakan sebuah acara yang memecahan Rekor Muri Indonesia
yang bertajuk “Indonesia Memakai X” yang diikuti oleh 500.000 bayi di
Indonesia.
Tujuan
Perusahaan
PT. X berkomitmen terhadap kesehatan bayi dan
kenyamanan untuk bayi di seluruh dunia dengan menyediakan pembangunan sumber
daya yang baik dan kebutuhan orang tua untuk perawatan bayi sehat dan bahagia.
Analisa
SWOT
•
Strength : X telah memiliki branding di
masyarakat Indonesia dan telah memimpin pasar perlengkapan bayi (popok) di
Indonesia selama lebih dari 40 tahun
•
Weakness : X hanya bergerak dalam satu
bidang yakni menyediakan popok bayi, sehingga tidak memiliki banyak inovasi
•
Opportunity : produk X yang telah
memiliki branding di massyarakat Indonesia bisa membuat produk baru baik itu
inovasi pada produk popok atau bisa membuat produk – produk bayi yang lain
•
Threatness : Kini telah banyak produk
pesaing yang bergerak dalam bidang penyediaan popok bayi
Tema
Kegiatan
Indonesia
Memakai X
PT. X ingin lebih menunjukan produknya
sebagai leading market untuk perlengkapan popok bayi di Indonesia dan juga
melakukan launching produk dengan mengadakan sebuah acara yang memecahan Rekor
Muri Indonesia yang diikuti oleh 500.000 bayi di Indonesia dan banyak acara
menarik
Tujuan Kegiatan :
Program ini untuk mengkampanyekan kepada masyarakat
tentang penggunaan produk X yang baik dan berkualitas, lalu sebagai ajang
launching produk baru dan menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat Indonesia
Waktu
Kegiatan :
Tempat : Parkir Timur Senayan (Area SUGBK)
Waktu : 28 Agustus 2014, dari jam 08.00 sampai
dengan selesai
Khalayak
:
Target audiens : Orang
tua yang memiliki anak balita
Aspek Demografi :
Jenis
Kelamin
: Laki-laki dan Perempuan
Usia
: ≤ 28 tahun
Pendidikan
: bebas
Aspek Geografi:
Orang tua yang memiliki balita yang berada di
jabodetabek
Aspek Psikografi:
Orang tua yang peduli akan kebersihan anaknya dan
orang tua yang suka memakai popok bayi
Media
:
Penggunaan dan pemilihan media yang digunakan untuk
program ini adalah menggunakan media cetak ( Koran dan Majalah), Media
Elektronik (Tv dan Radio), Media Interaktif (Facebook, Twitter, Website), Billboard,
Spanduk dan Banner.
Strategi
dan Taktik :
Strategi : Mengadakan Special Event ( Break Record,
Konsultasi Dokter, Hiburan dan Lomba )
Taktik
: - Pemecahan rekor muri menggunakan Popok bayi
secara bersamaan oleh 500.000 balita di Indonesia
-
Launching Produk terbaru pampers
-
Hiburan dari artist (CJR dan artist anak
lain)
-
Konsultasi dengan Dokter anak secara
gratis
-
Mengadakan lomba dengan hadiah yang
menarik (sepedah, uang tunai, komputer, laptop dan beasiswa)
Alokasi
Sumber Daya Manusia
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Penanggung Jawab
|
1.
|
Opening Acara (Pidato Sambutan dan lain-lain)
|
08.00 – 08.30
|
Hendrawan Aji dan MC
|
2.
|
Break Record
|
08.30 – 09.30
|
M. Sulistyo
|
3.
|
Launching Produk
|
09.30 – 10.30
|
Bunga Sekar
|
4.
|
Hiburan Artist
|
10.30 – 11.30
|
Fellipo Cesare
|
5.
|
Konsultasi Dokter
|
11.30 – 14.00
|
Adipati Gumawan
|
6.
|
Lomba
|
14.00 – 16.00
|
Mukhlis Hadi
|
7.
|
Closing Acara
|
16.00 – 16.30
|
Hendrawan Aji dan MC
|
Anggaran
:
a. Labor (Pekerja) : 80 juta
b. Material : - Panggung Acara (40 Juta)
- Soundsystem (30 Juta)
- Popok Pampers (10 Juta)
- Booth (15 Juta)
c. Expense (Pengeluaran) : - Catering (15 juta)
-
Sewa Parkir Timur Senayan (10 juta)
-
Jasa Dokter (30 Juta)
-
Artist (50 Juta)
-
Hadiah Lomba (100 Juta)
-
Biaya tak terduga (10 Juta)
-
Iklan (media cetak, media eletronik) (80
Juta)
Total : 470 Juta
Analisa
SWOT :
•
Strength : Program akan semakin membuat
X menjadi market leader di bidangnya dan membuat pampers dapat menjalin
hubungan yang baik dengan masyarakat Indonesia.
•
Weakness : Program ini membutuhkan dana
yang tidak sedikit
•
Opportunity : Program ini juga bisa
dijadikan ajang promosi dan kampanye kepada masyarakat tentang penggunaan
produk X dan sebagai ajang launching produk baru
•
Threatness : Cuaca Jakarta yang sedang
tidak menentu dapat mengganggu acara
Analisa
SMART :
Specific :Program ini ajang kampanye kepada
masyarakat tentang penggunaan produk X yang baik dan berkualitas dan sebagai
ajang launching produk baru
Measurable : Terdapat 500.000 bayi di Indonesia yang
akan dilaksanakan di parkir timur senayan 28 Agustus 2014
Achivable : Masyarakat dapat mengetahui pentingnya
penggunaan popok bayi dan memilih produk yang berkualitas, produk baru dari
pampers dapat dikenal dengan cepat oleh publik
Relevant : Program ini berguna untuk lebih mengambil
hati masyarakat. Dengan segala fasilitas dan hadiah yang akan diperoleh animo
masyarakat akan tinggi
Time bond: 3 bulan disiapkan untuk ide, iklan dan
perancangan, sebulan sebelum acara akan dicek segala persiapannya, 2 bulan
setelah acara akan diadakan riset mengenai pencapaian penjualan produk baru dan
minat masyarakat pada produk baru itu.
Evaluasi
• Input :
-
Membuat Press Release
dan Undangan kepada teman – teman pers dan jurnalis (100 media)
-
Mengundang MURI untuk
pemecahan rekor tersebut
-
Memesan tempat,
panggung, soundsystem dan lain-lain (Melobying dan Menegosiasikan Harga)
-
Promosi Acara melalui
media cetak, media elektoronik, media interaktif, billboard, spanduk dan banner
untuk memenuhi target kunjungan acara yakni 5 juta pengunjung
-
Launching produk baru
dan memberikan sample produk ke penggunjung.
• Output :
-
Press release
diberikan ke teman – teman pers dan jurnalis dan mereka yang hadir ke acara
sebanyak 95 Media
-
MURI merespon dengan
baik permintaan dari pampers dan akan hadir di acara pemecahan rekor tersebut
-
Panitia berhasil
mendapatkan kesepakatan dengan stakeholder lainnya dengan kemuudahan dan
potongan harga.
-
Banyak masyarakat
yang mengetahui akan didadakan acara tersebut sehingga diperkirakan target
pengunjung akan tercapai
-
Masyarakaat penasaran
dan tertarik untuk mencoba produk baru X
• Outcome :
-
Sebanyak 100 artikel
dan tayangan mengenai acara ini tampil di media – media tersebut
-
Muri merasa senang
bisa hadir di acara ini dan rekor baru pun terukir di acara ini
-
Semua perlengkapan
dan peralatan acara berjalan dengan baik dan akhir acara ini PT. X dapat
menjalin hubungan baik dengan stakeholder lain.
-
Target pengunjung
sebanyak 5 juta orang terlampaui, karena yang hadir pada acara itu sebanyak
5,700 juta pengunjung
-
Masyarakat merasa
puas dan suka dengan produk baru dan dapat dilihat dari peningkatan penjualan
produk tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar